Kamis, Desember 06, 2007

About BK Pendidikan & Profesi Kedokteran ISMKI

SCOME, Standing Committee on Medical Education, merupakan salah satu dari 6 (Enam) Standing Committee yang ada pada IFMSA (International Federation of Medical Students’ Associations), yang disebut juga Badan Kelengkapan Pendidikan Profesi ISMKI (BK PendPro ISMKI) yang concern pada perkembangan dunia pendidikan kedokteran. Mahasiswa kedokteran adalah bagian dari komponen sistem pendidikan kedokteran yang merupakan pintu menuju dunia profesi kedokteran. Sebagai bagian dari komunitas ilmiah intelektual, mahasiswa dituntut untuk mempunyai kepekaan yang tinggi dan sikap kritis yang cerdas terhadap segala yang bergulir di sekitarnya. Dunia pendidikan dan profesi kedokteran terus berkembang secara dinamis. Sehingga diperlukan sebuah wadah untuk memfasilitasi dan mengakomodir segala kebutuhan mahasiswa kedokteran Indonesia. ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) sebagai anggota IFMSA dan juga sebagai induk organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia yang merepresentasikan seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia, melalui BK PENDPRO yang berafiliasi dengan SCOME IFMSA, berusaha mengupayakan pemenuhan akan segala kebutuhan tersebut dalam rangka pengembangan dunia pendidikan dan profesi kedokteran.
Melalui berbagai program kerja dan aktivitasnya yang mempunyai prinsip local based, BK PENDPRO berusaha memberikan kebebasan yang seluas-luasnya bagi seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia untuk bereksplorasi mengembangkan segala ide dan pemikirannya, berpartisipasi aktif dan kreatif dalam segala upaya pengembangan dunia pendidikan dan profesi kedokteran.
Akhir kata, BK PENDPRO mengundang peran aktif dan proaktif seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia dalam perannya sebagai agent of change, guna memberikan manfaat bagi seluruh komponen masyarakat dan memajukan dunia kesehatan pada umumnya. Semoga BK PENDPRO bisa menjadi wadah bagi aspirasi dan pergerakan mahasiswa kedokteran Indonesia yang mempunyai komitmen tinggi terhadap dunia pendidikan kedokteran Indonesia. Hidup Mahasiswa Kedokteran Indonesia!

[NB. Indonesian Scome ISMKI=BK PENDPRO ISMKI]
(disadur dari Manual Indonesian SCOME ISMKI 2006-2008)


Tidak ada komentar: