Senin, Desember 17, 2007

Dari UNIKA ATMA JAYA

"Dengan teknologi, pendidikan kedokteran akan menjadi lebih gemilang"


CALL FOR PAPERS ke-2 –
STROMA 2008
(Hingga 14 Januari 2008)

Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya Jakarta
Symposium on Technological Revolution in Medical Application
http://stroma. atoma.or. id

Latar Belakang
Pesatnya perkembangan di bidang teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang besar di berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang pendidikan. Peran teknologi dalam pendidikan adalah membantu mahasiswa untuk memperoleh informasi dengan lebih baik, cepat, dan tepat.

Ilmu kedokteran adalah ilmu yang sampai saat ini masih mengalami perkembangan yang pesat, sehingga banyak informasi-informasi baru yang dihasilkan setiap harinya. Informasi-informasi baru ini penting untuk diketahui oleh para calon dokter agar dapat diasimilasikan dengan pengetahuan kedokteran yang telah mereka miliki dan diterapkan dalam kehidupan mereka sebagai dokter nantinya. Hal ini tentu akan membantu mereka menjadi seorang dokter yang profesional, kompeten, dan ahli dalam bidangnya.

Namun hal tersebut tidak lepas dari peranan lembaga pendidikan kedokteran, untuk menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang sesuai. Sayangnya hingga saat ini masih banyak perbedaan yang timbul mengenai sistem pembelajaran di setiap universitas akibat dari perbedaan sarana dan prasarana maupun konsep teknologi yang mereka anut dalam menunjang peningkatan kualitas sistem pendidikan mereka.

Oleh karena itu, AToMA, Advanced Technology of Medical Atma Jaya, dari Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya yang memberikan perhatian khusus pada “Teknologi Pendidikan Kedokteran”, berinisiatif untuk menyelenggarakan STROMA, Symposium of Technological Revolution in Medical Application, sebuah simposium untuk mempersatukan konsep-konsep yang ada dan yang telah berkembang dalam hal support teknologi dalam pendidikan kedokteran.

Kegiatan ini akan menjadi salah satu wadah pertukaran informasi antar-peneliti atau antar-pihak akademis sehubungan dengan inovasi-inovasi mereka dalam meningkatkan mutu sistem pendidikan kedokteran di fakultas mereka. Sehingga diharapkan, acara ini dapat memperkaya dan menambah informasi bagi fakultas kedokteran dari universitas lainnya yang berpartisipasi dalamnya.

STROMA juga mengundang semua peneliti, para pendidik, para ahli, para mahasiswa bidang pendidikan, kedokteran, dan teknik biomedis, untuk berkumpul berdiskusi dan mempresentasikan makalahnya sesuai dengan tema simposium.

Selain simposium juga akan diselenggarakan sebuah pameran mengenai cara hidup sehat dalam kehidupan modern. Pameran ini dibuat berdasarkan prinsip dasar ilmu kesehatan masyarakat yang meletakkan promosi kesehatan dalam urutan pertama. Pameran akan menampilkan alat-alat kesehatan yang mendukung terwujudnya kehidupan masyarakat yang sehat dalam pola hidup manusia yang modern.

Maksud dan Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk :
• Memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai berbagai kemajuan teknologi yang dapat digunakan dalam menunjang pendidikan kedokteran.
• Memperluas wawasan dan pemikiran para pengambil keputusan, dosen dan staf pengajar fakultas kedokteran mengenai teknologi pendidikan kedokteran.
• Memberikan dasar kemampuan membuat media pendidikan dalam bentuk video interaktif.
• Memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat yang modern.

Tema, Waktu, dan Tempat
Tema simposium: “Involvement and Development of Medical Education Technology”
Untuk melengkapi berbagai aspek dalam tujuan acara, maka diselenggarakan pula:
Workshop: “Execellent Video Creation for Education”
Ekspo: “Modern Healthy Lifestyle”

Waktu:
Simposium : Sabtu-Minggu, 1-2 Maret 2008
Workshop : Minggu, 2 Maret 2008
Ekspo : Senin-Rabu, 3-5 Maret 2008

Lokasi:
Kampus Unika Atma Jaya Semanggi
Jalan Jenderal Sudirman no.51, Jakarta

Peserta
Peserta kegiatan simposium adalah dosen dan staf pengajar fakultas kedokteran, pemimpin dan pengammbil keputusan di fakultas kedokteran, mahasiswa kedokteran, mahasiswa pascasarjana bidang teknologi pendidikan, pendidikan kedokteran, dan teknik biomedis. Peserta kegiatan workshop adalah dosen, dan staf pengajar dari segala bidang keilmuan. Peserta kegiatan expo adalah mahasiswa UNIKA Atma Jaya dan masyarakat umum.

Informasi Call for Papers
Tema: “ Involvement and Development of Medical Education Technology”
Topik makalah dapat mengenai:
- Penggunaan concept mapping dalam pendidikan kedokteran
- Pengembangan concept mapping ke arah knowledge management dalam pendidikan kedokteran
- Telemedicine dalam pendidikan kedokteran
- Pendidikan kedokteran berkelanjutan guna mempertahankan standar kompetensi dokter.
- Metode penilaian terhadap proses pendidikan kedokteran.

Penulis paper dapat memilih topik di luar topik yang telah dicantumkan. Topik yang dipilih harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Kriteria Penulisan Paper:
- Paper bersifat ilmiah.
- Paper dan abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris.
- Abstrak tidak lebih dari 300 kata.
- Paper ditulis maksimal 10 halaman A4.
- Paper yang diketik, berdasarkan format: Karakter: Times New Roman, font 12 poin, spasi 1,5; Jarak margin kiri 4 cm, kanan, atas dan bawah 3 cm.
- Paper dibuat dengan format PDF dan dikirim via email.- Paper harus asli dan belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan dalam paper contest lainya.
- Paper tidak boleh diikutsertakan dalam paper contest lain secara bersamaan.
- Paper telah disetujui oleh pihak Universitas masing-masing.
- Semua naskah yang telah masuk menjadi milik Panitia Paper Presentation STROMA 2008.
- Penulis paper adalah mahasiswa S1 kedokteran, mahasiswa pascasarjana dalam bidang ilmu pendidikan kedokteran, teknologi pendidikan, dan teknik biomedis, serta staf pengajar/akademik fakultas kedokteran.
- Penulis paper turut menyertakan CV (daftar riwayat hidup).
- Paper akan diseleksi oleh dewan juri yang ditentukan oleh panitia.
- Apabila paper disetujui, informasi dalam abstrak akan dipublikasikan di buku Program Simposium Nasional STROMA yang akan dibagikan pada saat pendaftaran peserta Simposium. Penulis paper akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan paper miliknya di sesi presentasi paper selama 20 menit dalam rangkaian kegiatan simposium.

Pendaftaran
- Pendaftaran paper tidak dikenakan biaya apapun.
- Penulis paper yang terpilih tidak dikenakan biaya masuk simposium.

Informasi Penyerahan Paper ke-2
- Batas akhir penyerahan paper dan abstrak : Senin, 14 Januari 2008
- Pengumuman paper dan abstrak yang diterima : Senin, 21 Januari 2008
- Pengumpulan full paper bagi yang baru menyerahkan abstrak: Senin, 4 Februari 2008
- Alamat e-mail pengiriman paper: widya@atoma. or.id
- Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Widya Saswita, 08170955070 dan website http://stroma. atoma.or. id

Formulir
- Peserta dapat mengunduh (download) formulir yang diperlukan di sini:

http://atoma.or.id/files/StromaCOF_Forms.pdf

Tidak ada komentar: